Bila kita masih terpaku pada
persoalan merek sebatas logo dan tagline semata, maka kita baru berada dalam
ranah kulit permukaan.
Merek sejatinya merupakan komitmen
akan kualitas suatu produk. Bagaimana kemudian kualitas itu diterjemahkan?
Acuan utamanya adalah memberi nilai tambah yang memuaskan.
Pada posisi tersebut, kita kemudian
bertanya nilai tambah seperti apa yang memuaskan tersebut bukan? Maka secara
esensial, kondisi nilai tambah adalah memastikan manfaat yang diterima
pelanggan sesuai atau bahkan melebihi harapan yang dipersepsikan sebelumnya.
Diakhir proses tersebut, kepuasan
adalah tujuan yang hendak dicapai. Dunia kini bergerak pada segala upaya yang
ditujukan bagi pemenuhan kebutuhan serta keinginan pelanggan, hal tersebut
dikarenakan kompetisi didalam bisnis pun semakin menguat.
Pemahaman produsen akan perilaku
konsumen adalah kunci utama dalam membuka kontak pandora mengenai insight
pelanggan atas sebuah produk, karena kini bukan lagi menjadi masa dimana
produsen berkuasa untuk mengatur selera pelanggannya.
Berbagai tawaran setara akan suatu
produk, ditambah beragamnya produk substitusi suatu jenis barang konsumsi
membuat produsen harus mampu bersahabat dengan pelanggannya secara berkelanjutan.
Hubungan yang membangun kedekatan
bahkan keintiman tersebut yang akan menguatkan nilai produk serta merek Anda.
Kesinambungan proses yang saling menjalin itu diharapkan mampu membawa konsumen
menjadi loyal defender.
Ketika relasi pelanggan ini dikelola
dengan baik, maka yang akan menjadi berharga adalah word of mouth dari
satisfaction customer, dan kondisi ini menciptakan brand advocater yang free
atau kita kenal sebagai barisan sukarelawan.
Gerakan yang massif dari lapisan
konsumen yang memiliki willingness untuk mengemukakan pengalaman kepuasan akan
penggunaan merek produk Anda akan membuat efek domino layaknya orkestrasi yang
harmonis.
Sekali lagi, keterkaitan ini menjadi
timbal balik, karena ketika customer demanding terjadi, maka sebagai produsen
dan pemilik merek, maka Anda harus kembali memastikan jaminan kualitas itu
ditepati dan bertambah dari waktu ke waktu secara dinamis.
Sumber foto: www.vroomseo.ie
Tidak ada komentar:
Posting Komentar