Sabtu, 20 September 2014

Marketing Intelejen menjawab Kompetisi



Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut produsen untuk dapat berimprovisasi, dan dalam hal tersebut, maka alternative strategi bisa diarahkan secara internal maupun eksternal, dalam hal ini aspek internal mencakup perbaikan system yang berkontribusi pada efisiensi dan efektifitas, sedangkan pada aspek eksternal kita akan melihat bagaimana produk kita menawarkan keunggulan bersaing dalam konteks persaingan bisnis itu sendiri.

Salah satu kegiatan dan aktifitas yang dapat dipergunakan sebagai sarana dalam mengevaluasi aspek eksternal dalam persaingan usaha adalah dengan menggunakan metode Marketing Intelejen, metode ini secara kosakata memang seolah hendak melakukan pendekatan yang serupa dengan apa yang dilakukan oleh militer dalam mendapatkan data dan informasi yang bersesuaian guna melakukan pemetaan kompetisi secara senyap dan tersembunyi serta tidak terlihat.

Bagaimana marketing intelejen bekerja? Sesungguhnya hal tersebut sangat berkaitan erat dengan tujuan keberadaan pembentukan unit ini, yakni untuk melakukan pembedahan arena persaingan, mengetahui bagaimana kompetisi berlaku dan memahami pasar, secara simultan kita mampu memposisikan produk kita berhadapan dengan pesaing, termasuk didalamnya mendapatkan pengalaman langsung dari konsumen yang terlibat dalam pemilihan dan penggunaan produk tersebut.

Dimulai dengan perencanaan spesifik tujuan yang hendak disasar, maka proses pengumpulan data-data yang dibutuhkan dan dilakukan baik dengan menggunakan sumber langsung maupun tidak langsung, dalam hal ini kita mengenal data primer yang diperoleh melalui teknik wawancara, quisioner, bahkan menjadi mistery shopper, dapat pula dikumpulkan melalui teknik data sekunder yang ditelusur melalui sumber website online ataupun lembaga pusat data statistic terkait.

Data dan informasi memiliki bobot yang berbeda, dimana data bersifat indicator dasar sedangkan informasi memiliki tambahan aspek analisa, dimana kemudian hal tersebut akan membentuk sebuah kesimpulan yang berguna bagi para produsen untuk melihat pertumbuhan langsung produk, bagaimana kondisi produk pesaing, bagaimana persepsi konsumen, bagaimana arah trend dan ekspekstasi calon pelanggan dan hal-hal yang telah ditentukan sebagai pointer utama.

Formulasi dan analisa dari hasil temuan yang dilakukan melalui metode marketing intelejen tersebut akan menjadi sarana evaluasi dan dapat menjadi panduan dalam membentuk sebuah kebijakan dan strategi baru yang dibutuhkan dalam mensikapi kondisi persaingan yang terjadi, kemampuan inilah yang dimiliki secara terstruktur oleh perusahaan diarus dominan untuk tetap mempertahankan posisi pasar, pun peramalan dapat dikonklusikan melalui kajian dari hasil kesimpulan marketing intelejen.

Pemahaman yang baik akan kualitas produk, perilaku konsumen dan peta persaingan bisnis tentu akan dapat menempatkan produsen untuk terus berinovasi yang dapat dipergunakan dalam membentuk solusi nan dinamis pada pasar yang terus berubah, hingga pada muara dari semua hasil temuan yang ditelaah lebih lanjut tersebut pada posisi puncak akan membentuk tidak hanya kumpulan informasi yang bermanfaat bagi produsen, tetapi juga dapat terstruktur menjadi sebuah pengetahuan baru, yang dapat dipergunakan sesuai dengan konteks masa yang berlaku.

Sumber foto: www.mcube.it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar