Strategi Menembus Pasar dengan Biaya
Murah, Berdampak Luar Biasa
Literatur manajemen komunikasi
pemasaran ini, memberikan titik tekan pada kepentingan untuk memenuhi mind
share pelanggan guna memenangkan market share.
Pada kepentingan tersebut, maka
penting untuk terlebih dahulu melakukan identifikasi pelanggan sesuai dengan
aspek segmentasi dan targeting yang hendak disasar, termasuk menempatkan
positioning produk dibenak pelanggan.
Buku ini memberikan pemahaman penting
akan makna signifikan perubahan, bahwa yang abadi dalam dunia bisnis saat ini
adalah hanya perubahan itu sendiri dan tidak ada pendamping lainnya.
Oleh sebab itu, maka perubahan tidak
dapat dimenangkan hanya karena ukuran dan kapasitas semata, melainkan ditentukan
dari kemampuan organisasi untuk beradaptasi secara responsif atas aras
perubahan.
Membangun keunggulan bersaing pun
tidak bisa berlaku statis, sehingga yang akan berlaku dimasa depan adalah
menyusun sustainable competitive advantage dari waktu ke waktu.
Peran dan posisi pelanggan, kini
tidak hanya menjadi sekedar objek eksploitasi pemasaran melalui pendekatan
promosi langsung, tetapi menjadi counterpart yang setara dalam membangun sebuah
produk.
Hal ini menjadi sebuah prinsip baru
dari produsen untuk melibatkan pelanggan sebagai co-creator dari produk yang
ditujukan bagi pemenuhan kebutuhan pelanggan itu sendiri, sehingga membentuk
rasa kebersamaan.
Pertukaran atas manfaat dan harga
yang dibayarkan oleh pelanggan, membentuk sebuah nilai yang kemudian
menempatkan posisi produk tersebut pada klasifikasi memuaskan ataupun tidak
atas realisasi dari harapan pelanggan.
Trade off tersebut, distimulasi
melalui ruang komunikasi yang interaktif, membangun pengalaman pelanggan
sebagai sarana bagi viral marketing yang mendorong terciptanya word of mouth
dari delight customer.
Pada dunia yang semakin terhubung
diabad modern ini, perubahan faktor eksternal seperti Politic, Economy, Social
dan Technology menjadikan konsumen dapat bergerak dinamis.
Memahami perilaku pelanggan, dan
merancang saluran komunikasi pemasaran yang terintegrasi menjadi sebuah
kewajiban dalam membangun brand awareness, masuk pada transformasi mulai dari
attraction menuju action pelanggan, dan hanya produsen yang memahami
pelanggannya (heart share) akan menjadi pemenang pasar (market share).
Lalu, adakah metode penetrasi pasar
yang murah dan mudah yang memberikan dampak secara signifikan dalam mendorong
pemasaran serta penjualan? Jawabnya ada difungsi teknologi yang menembus batas,
melintasi ruang dan waktu sehingga meluaskan audience sasaran anda dan untuk
itu partisipasi nan komunikatif dari pemilik produk menjadi bagian yang
menentukan secara vital.
Siapkah Anda untuk membangun
komunikasi, lebih dalam dari sekedar promosi semata dan memperlakukan pelanggan
sebagai mitra dinamis dibanding objek statis? Ya, Anda-lah juaranya.
Sumber foto: www.yes24.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar