Kamis, 02 Oktober 2014

Stop Promotion, Start Communication



Strategi Menembus Pasar dengan Biaya Murah, Berdampak Luar Biasa

Literatur manajemen komunikasi pemasaran ini, memberikan titik tekan pada kepentingan untuk memenuhi mind share pelanggan guna memenangkan market share.

Pada kepentingan tersebut, maka penting untuk terlebih dahulu melakukan identifikasi pelanggan sesuai dengan aspek segmentasi dan targeting yang hendak disasar, termasuk menempatkan positioning produk dibenak pelanggan.

Buku ini memberikan pemahaman penting akan makna signifikan perubahan, bahwa yang abadi dalam dunia bisnis saat ini adalah hanya perubahan itu sendiri dan tidak ada pendamping lainnya.

Oleh sebab itu, maka perubahan tidak dapat dimenangkan hanya karena ukuran dan kapasitas semata, melainkan ditentukan dari kemampuan organisasi untuk beradaptasi secara responsif atas aras perubahan.

Membangun keunggulan bersaing pun tidak bisa berlaku statis, sehingga yang akan berlaku dimasa depan adalah menyusun sustainable competitive advantage dari waktu ke waktu.

Peran dan posisi pelanggan, kini tidak hanya menjadi sekedar objek eksploitasi pemasaran melalui pendekatan promosi langsung, tetapi menjadi counterpart yang setara dalam membangun sebuah produk.

Hal ini menjadi sebuah prinsip baru dari produsen untuk melibatkan pelanggan sebagai co-creator dari produk yang ditujukan bagi pemenuhan kebutuhan pelanggan itu sendiri, sehingga membentuk rasa kebersamaan.

Pertukaran atas manfaat dan harga yang dibayarkan oleh pelanggan, membentuk sebuah nilai yang kemudian menempatkan posisi produk tersebut pada klasifikasi memuaskan ataupun tidak atas realisasi dari harapan pelanggan.

Trade off tersebut, distimulasi melalui ruang komunikasi yang interaktif, membangun pengalaman pelanggan sebagai sarana bagi viral marketing yang mendorong terciptanya word of mouth dari delight customer.

Pada dunia yang semakin terhubung diabad modern ini, perubahan faktor eksternal seperti Politic, Economy, Social dan Technology menjadikan konsumen dapat bergerak dinamis.

Memahami perilaku pelanggan, dan merancang saluran komunikasi pemasaran yang terintegrasi menjadi sebuah kewajiban dalam membangun brand awareness, masuk pada transformasi mulai dari attraction menuju action pelanggan, dan hanya produsen yang memahami pelanggannya (heart share) akan menjadi pemenang pasar (market share).

Lalu, adakah metode penetrasi pasar yang murah dan mudah yang memberikan dampak secara signifikan dalam mendorong pemasaran serta penjualan? Jawabnya ada difungsi teknologi yang menembus batas, melintasi ruang dan waktu sehingga meluaskan audience sasaran anda dan untuk itu partisipasi nan komunikatif dari pemilik produk menjadi bagian yang menentukan secara vital.

Siapkah Anda untuk membangun komunikasi, lebih dalam dari sekedar promosi semata dan memperlakukan pelanggan sebagai mitra dinamis dibanding objek statis? Ya, Anda-lah juaranya.

Sumber foto: www.yes24.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar