Fantastis, jumlah fans
like di akun resmi Ronaldo tembus 100 juta orang. Tentu dapat
dibayangkan betapa massifnya jumlah penyuka pemain sepak bola nan
flamboyan dari Portugal ini. Termasuk kontribusi penggemar dari
Indonesia yang memberi like terbanyak disamping Brasil dan India.
Bahkan disebutkan,
kapasitas fans Ronaldo bila dipertemukan akan memerlukan ruangan yang
ukurannya 10 kali lebih besar dari Portugal. Tentu hal yang membuat
kesemuanya itu terjadi adalah kapasitas dan kapabilitas Ronaldo
sebagai pemain bola yang tidak dapat diragukan lagi.
Urutan kedua dibawahnya
adalah Lionel Messi, yang terpaut 30 juta. Padahal, sebagaimana
disebut banyak kalangan media dan pengamat sepak bola, bila
dikomparasikan antara keduanya dalam aspek prestasi bersepak bola
maka Messi lebih memiliki keunggulan dibanding Ronaldo, tidak
demikian diranah sosial media.
Ronaldo is the King, dan
itu terbukti dengan jumlah pertemanan dan penggemarnya diseantero
jagat, maklum olahraga sikulit bundar memang menjadi kegiatan yang
paling disukai banyak penduduk dimuka bumi, dan uniknya 78% fan
adalah lelaki yang memang lebih berfokus pada kemampuan serta
keahlian Ronaldo yang mumpuni dalam skill bermain bola.
Berbagai hal dari sosok
Ronaldo memang patut menjadi perhatian, bila kita hendak melakukan
telaah atas kemampuan pemasaran pribadi dengan menjadikan nama
Ronaldo sebagai merek terpisah yang mempu menjadi duta bagi merek
produk lain, terbilang Ronaldo menjadi bintang diberbagai iklan
komersial televisi diseluruh penjuru mata angin.
Kualitas sebagai
Kekuatan Personal Branding
Pemain kebangsaan
Portugal bernomor punggung 7 ini memang sosok yang fenomenal.
Kemampuan bermain bola dalam level tertinggi, membuatnya sebagai
pemain taktis yang memang ditempatkan sebagai striker yang haus gol.
Skill permainan Ronaldo terlihat dalam teknik dribling bola, bahkan
kemampuan melesakkan gol dari tendangan bebas hingga posisi yang
sulit dibayangkan.
Gelimang prestasi pribadi
memang telah ditorehkan, menjadi pemain terbaik dunia bukanlah mimpi
lagi bagi pemuda yang berasal dari keluarga miskin dari
Funchal-Portugal kelahiran 5 Februari 1985 itu, bahkan kini prestasi
bermain bola yang gemilang telah menghantarkannya sebagai atlet
terkaya.
Sosok Ronaldo memang
seringkali dikesankan sebagai keangkuhan dan bentuk arogansi, karena
sikap individual yang dikembangkan untuk mencapai prestasi termasuk
dalam urusan mencetak gol, hal ini kemungkinan dilandasi oleh
“dendam-psikologis” untuk membuktikan kemampuan dan prestasinya,
atas masa lalu nan kelam dari kehidupan sebagai lelaki miskin yang
tidak pernah dipandang sebelah mata oleh orang lain.
Performa bintang yang
juara mulai terlihat setelah direkrut Manchester United -klub kaya
Inggris pada 2003 performa striker memang menjadi bagiandari Ronaldo,
dengan mengukir rekor 196 pertandingan berkontribusi 84 gol yang
dicetaknya. Tawaran bermain ke negeri matador pun berlabuh, Real
Madrid menjadi pelabuhan yang kini disinggahinya sejak 2009 dengan
banderol Rp1.3 triliun menjadikannya sebagai pemain termahal pada
masanya.
Hal itu sepadan dengan
apa yang diberikan pada El Real dimana Ronaldo mencetak 186 gol dari
169 pertandingan yang dilakoninya dan hal ini terus bertambah, meski
tim bertabur bintang tersebut disesaki oleh begitu banyak pesepak
bola terbaik dari seluruh dunia, namun posisi Ronaldo tidak
tergoyahkan.
Kecepatan, positioning,
passing hingga crossing yang akuran menjadi keutamaan seorang
Ronaldo, sulit membayangkan pemain yang memiliki profile lengkap
dalam kualitas bermain, mungkin hanya ada beberapa yang berada
diposisi0 setara atau diatasnya -Messi “si kutu” yang
melampauinya. Total kekayaan bersihnya mencapai U$ 160 juta.
Paduan dari kemampuan
kekuatan fisik dan tampilan yang prima ditambah dengan wajah rupawan
membawanya menjadi atlet multi talenta. Kualitas sekalilagi
membuktikan bahwa apa yang menjadi karakter dalam dirinya adalah
citra juara yang terus menerus berupaya mencapai titik maksimal dalam
mewujudkan pencapaian prestasi yang sempurna, dan bekerjakeras adalah
watak dari image Ronaldo.
Sesungguhnya Ronaldo
berupaya mengusir masa lalunya yang kelam, meski tidak melupakan dari
mana pemain yang selalu tampil trendy dan glamor dengan potongan
rambut yang maskulin bahkan setiap saat termasuk kala bertanding
dalam suatu turnamen sepak bola menjadikan Ronaldo sebagai sosok yang
selalu ditunggu, termasuk keterlibatannya dalam berbagai aksi sosial.
Indonesia menjadi
perhatian Ronaldo, karena pemain tersebut pernah mendorong
penggalangan dana bantuan bagi korban tsunami Aceh pada 2004 dan
membantu Martunis seorang bocah Aceh yang selamat dari guncangan
tsunami setelag 19 hari terdampar. Disamping itu, pada 2013 Ronaldo
juga didapuk sebagai Duta Forum Peduli Mangrove di Bali-Indonesia.
Tampil perfeksionis dalam
kinerjanya sebagai bintang lapangan sepak bola, serta kemasan yang
apik dan menarik dari segi penampilan, ditambah dengan paduan
kedermawanan membuat kompleksitas tersebut menjadikan Ronaldo sebagai
sebuah Personal Brand yang mampu mengusung brand produk lain,
terbilang Armani, Nike, Coca-Cola, Konami, Motorola, Herbalife hingga
KFC menjadikan sang bintang sebagai duta besar produknya, dan
personal branding yang kuat itu mudah dimanfaatkan sebagai ladang
menuai gemerincing uang.
Sumber foto: www.bola.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar